Beranda Warta Desa Kominfo Bojonegoro Suntik 28 TPID terbaik

Kominfo Bojonegoro Suntik 28 TPID terbaik

84
0
  1. Bojonegoro, Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten Bojonegoro mengadakan Forum Grup Diskusi (FGD) di ruang Creative room lantai 6 Gedung Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jum’at (14/12). FGD ini dilakukan untuk percepatan implementasi layanan informasi dan Transparansi Pemerintahan Desa di 28 kecamatan se-kabupaten Bojonegoro.

Acara ini dihadiri Kepala Dinas Kominfo Bojonegoro Kusnandaka Tjatur Prasetya, Kasi Pemberdayaan Dinas PMD Bojonegoro Agus Raharjo, Jurnalis Tempo Sujatmiko serta 56 anggota Tim Pengelola Informasi Desa (TPID) dari 28 kecamatan.

“Penghargaan keterbukaan yang diraih Kominfo dan Desa Pejambon menginspirasi kegiatan diskusi ini. Saya berharap setelah diskusi ini TPID dapat melakukan percepatan desa transparan setingkat Desa Pejambon,” kata Kusnandaka.

Menurutnya, pengelolaan dana desa yang transparan dan akuntabel dapat mewujudkan kepercayaan dari berbagai pihak.

Dalam kesempatan yang sama, Agus Raharjo dari Dinas PMD menyampaikan pentingnya keterbukaan dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). Ia menjelaskan teknis pengelolaan dana desa harus memenuhi 4 aspek diantaranya : partisipatif, transparan, tertib/disiplin dan akuntabel.

Sedangkan Praktisi Pers Media Tempo Sujatmiko memperkuat pernyataan transparan mewujudkan kepercayaan masyarakat. Ia juga menyampaikan bahwa di dunia media ada hak jawab yang dapat digunakan untuk koreksi terhadap publikasi media. Sehingga desa tak perlu takut untuk transparan.

Dalam diskusi tersebut juga dilakukan pembahasan strategi pengelolaan TPID. Selain itu Kominfo juga memberi suntikan motivasi pembinaan. 8 dari TPID berprestasi dari tingkat kecamatan nantinya mendapat uang pembinaan dari Kominfo Bojonegoro. Kominfo berharap motivasi ini dapat menjadikan TPID selalu aktif dan inovatif. *(DIN)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here