Beranda Warta Desa Bojonegoro Tetap Lanjut Cairkan DAK Pendidikan 2018

Bojonegoro Tetap Lanjut Cairkan DAK Pendidikan 2018

225
0

Padangan-BJN, Penjabat Bupati Bojonegoro Dr. Suprianto, SH, MM mengatakan bahwa Pemerintah tetap melanjutkan Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan untuk siswa SMU sederajat. Pernyataan ini disampaikannya di hadapan warga Padangan dan sekitarnya yang menghadiri acara Safari Ramadan dan Dialog Publik di Masjid Jami Desa Ngradin Kecamatan Padangan Bojonegoro Jawa Timur petang tadi, Senin (28/5).

Ia menegaskan bahwa Bantuan Dana Pendidikan untuk anak SMU per siswa 2 juta rupiah ini terus dilanjutkan. Menurutnya pemerintah Bojonegoro telah menganggarkan 52 Milyar Rupiah pada APBD 2018. Ada enam kecamatan yang telah cair, yaitu kecamatan Ngasem, Purwosari, Bubulan, Gondang, Kedewan dan Ngambon.

Usai Dialog publik, Bupati Bojonegoro bersama Forum Pimpinan Daerah (FORPIMDA) Bojonegoro menyerahkan santunan dan beras sekitar 600 paket kepada anak yatim dan kaum Duafa dari wilayah Kecamatan Padangan. Acara pun diakhiri dengan Buka bersama.

Pernyataan tentang DAK ini senada dengan releas yang disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Bojonegoro, Heru Sugiharto pagi tadi. Ia menjelaskan bahwa Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan yang diperuntukan bagi siswa-siswi SLTA sederajat tetap dilanjutkan, disalurkan dan dialokasikan pada APBD Kabupaten Bojonegoro Tahun 2018 ini.

Menurutnya, dari 28 Kecamatan, enam kecamatan telah disalurkan ke rekening kas desa masing-masing yaitu kecamatan Ngasem, Purwosari, Bubulan, Gondang, Kedewan dan Ngambon. Sedangkan ada 14 Kecamatan masih dalam proses di BPKAD dan 8 Kecamatan belum mengajukan proposal pencairan ke BPMD bojonegoro.

Kemudian Heru Sugiharto, menambahkan bahwa DAK pendidikan yang telah masuk rekening kas desa dihimbau agar segera mendistribusikan kepada siswa penerima dengan berkoordinasi BPR Bojonegoro, selanjutnya bagi desa yang belum mengajukan proposal pencairan agar segera mengajukan proposal pengajuan dana ke BPMD melalui kecamatan masing-masing, dikarenakan sebentar lagi kita telah memasuki ajaran baru bagi siswa kelas X dan XI, sedangkan bagi siswa kelas XII telah lulus sekolah.

Di Desa Sedahkidul khususnya, Dana DAK tahun ini telah disosialisasikan ke warga. Beberapa penerima telah mengurus surat perlengkapan pengambilan dana ini. Bagi warga yang terkendala pencairan maupun butuh surat kuasa, dapat datang ke Balai Desa Sedahkidul menemui Petugas Layanan DAK. *(DIN/SWD)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here